Text
Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan menulis bahasa Prancis kelas XI IPS 3 SMA Ksatrya
ABSTRAK
Siti Mulia Meiyana Sari. 2018. Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Kelas XI IPS 3 SMA Ksatrya Jakarta, Sebuah Penelitian Tindakan. Skripsi: Jakarta: Program Studi Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah media audiovisual yang merupakan media berupa video. Media audiovisual digunakan untuk tercapainya tujuan pembelajaran kemampuan menulis bahasa Prancis. Selama proses pembelajaran, video menjadi sumber materi yang digunakan siswa agar pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung mulai dari Agustus-November 2018 yang terbagi dalam dua siklus dan dua pertemuan setiap siklusnya.
Penelitian tindakan kelas dimulai dengan observasi siswa di kelas dan melaksanakan pre-test kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis siswa dan sebelum tindakan dilaksanakan. Proses pembelajaran selama siklus 1 sudah berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun, saat kegiatan belajar berlangsung masih terdapat kekurangan yang ada pada siswa seperti: siswa tidak aktif di kelas, siswa belum menguasai materi secara baik dan siswa belum mampu membuat kalimat sederhana dalam Bahasa Prancis karena masih ada kesalahan dalam menulis. Hasil rata-rata menulis siswa pada post-test 1 siklus 1 adalah, 70,53.
Proses pembelajaran pada siklus 2 telah berjalan lebih baik. Siswa sudah aktif di kelas, siswa telah menguasai materi secara benar dan siswa mampu membuat kalimat sederhana dalam bahasa prancis. Berdasarkan pengamatan pada post-test 2 siklus 2 peneliti jarang menemukan kesalahan pada siswa ketika menulis. Selain itu, berdasarkan hasil post-test 2 siklus 2 telah menunjukan bahwa hasil rata-rata menulis siswa telah mencapai 81,43.
Berdasarkan hasil rata-rata post-test selama tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis siswa dapat meningkat dengan penggunaan media audiovisual.
Kata kunci: Kemampuan Menulis, Media Audiovisual, Penelitian Tindakan Kelas.
SS00019613 | SK 19613 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain