Text
Perception of students' motivations and challenges online learning environment
ABSTRAK
Melisa Frika Santari, Persepsi Mahasiswa terhadap Motivasi dan Hambatan di
Lingkungan Pembelajaran Daring. Tesis, Jakarta: Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Februari
2019.
Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap motivasi dan
hambatan di pembelajaran daring. Persepsi pada motivasi diselidiki dalam tiga
aspek: efek motivasi yang dirasakan, persepsi kegunaan dan persepsi penggunaan.
Sementara itu, persepsi pada hambatan diselidiki dalam delapan faktor: biaya dan
akses ke internet, masalah teknis, waktu dan dukungan untuk belajar, motivasi
mahasiswa, keterampilan teknis, keterampilan akademik, interaksi sosial dan
masalah administrasi / instruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa
merasa pembelajaran daring bermanfaat, mudah digunakan dan meningkatkan
motivasi mereka dalam kegiatan belajar. Sedangkan, interaksi sosial adalah
hambatan terkuat yang mereka alami.
Kata kunci: Lingkungan Pembelajaran Daring, Motivasi dalam Pembelajaran
Daring, Model Penerimaan Teknologi, Hambatan dalam Pembelajaran Daring
SS00019663 | SK 19663 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain