Text
Efektivitas metode brainstorming terhadap peningkatan berbicara bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Budaya Jakarta
ABSTRAK
Agung Suharso.2019. Efektivitas metode brainstroming dalam Pembelajaran
Berbicara Bahasa Jepang SMA Budaya Jakarta Tahun akademik 2017/2018.
Skiripsi pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Menurut wawancara dengan Guru bahasa Jepang SMA Budaya Jakarta siswa
memiliki permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Khusunya berbicara
yaitu karena pelafalan dan intonasi bahasa Jepang yang terdengar asing dan aneh
jadi siswa menjadi kurangnya rasa percaya diri saat berbicara menggunakan
bahasa Jepang. Berdasarkan masalah yang sudah dipaparkan di atas penelitian ini
menggunakan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara di kelas.
Metode brainstorming suatu cara mengajar dengan memberikan permasalahan
kepada siswa agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya sehingga
memperoleh satu kompetensi tertentu.Tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui efektivitas metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara
Bahasa Jepang pada Siswa SMA Budaya Jakarta ,mengetahui tanggapan siswa
terhadap penggunaan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara pada
siswa SMA Budaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini
adalah SMA Budaya Jakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan sampelnya adalah
siswa kelas XI IPA yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes lisan berupa wawancara dan tertulis berupa angket.
Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode brainstorming dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang
di SMA Budaya Jakarta terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 44,5
nilai rata-rata posttest sebesar 71,4, hasil penelitian berdasarkan pada taraf
signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 43 maka didapatkan ttabel
sebesar 2.01. Dengan hasil thitung 2.5 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel
(thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan
bahwa metode brainstorming efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang.
Kata kunci : metode brainstorming, pembelajaran berbicara, bahasa Jepang
SS00019647 | SK 19647 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain