Text
Telaah bahan ajar bahasa Mandarin kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta
TELAAH BAHAN AJAR BAHASA MANDARIN KELAS X DI SMK NEGERI 27 JAKARTA
ABSTRAK
Aisa Ayu Fadila. Telaah Bahan Ajar Bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Februari. 2019.
Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin di kelas, SMK Negeri 27 Jakarta menggunakan bahan ajar cetak berbentuk modul. Sebuah modul disusun dengan memperhatikan prinsip penyusunan bahan ajar. Selain itu, hal yang juga harus diperhatikan adalah kelengkapan komponen-komponen dan lingkup materinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian modul bahasa Mandarin yang digunakan oleh siswa kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta dengan prinsip penyusunan bahan ajar, kelengkapan komponen pada struktur modul, dan lingkup materi yang ditetapkan oleh Kurikulum Internasional Pendidikan Bahasa Mandarin (KIPBM). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sumber data berupa modul bahasa Mandarin kelas X di SMK Negeri 27 Jakarta. Untuk mengetahui kesesuaian modul, penulis mengunakan motode kualitatif. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif, sehingga penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar prinsip, komponen, unsur kebahasaan, dan aspek keilmiahan, maupun lingkup materi dalam modul bahasa Mandarin yang digunakan siswa kelas X tidak terpenuhi. Tidak terpenuhinya hal-hal tersebut menjadikan modul ini tidak dapat digunakan secara mandiri oleh para siswa. Hal tersebut juga menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi pasif dan akhirnya target pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak tercapai.
Kata kunci : Modul, Prinsip penyusunan bahan ajar, Struktur modul, KIPBM
SS00019649 | SK 19649 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain