Text
Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran melalui pendekatan contextual teaching and learning : penelitian tindakan di kelas IV SDN Slipi 15 pagi Jakarta Barat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Slipi 15 Pagi tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model classrom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Desain intervensi tindakan rancangan siklus penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan tahapan planing, acting, observing, dan reflecting. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan materi membaca Alqur’an dan siklus II dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan materi yang sama pada siklus I. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan post tes. Teknik post tes yaitu dengan evaluasi dan observasi. Evaluasi digunakan untuk menjaring data tentang kemampuan membaca Alqur’an. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Analisis data dilakukan terhadap hasil penelitian dengan melihat indikator keberhasilan sebagaimana hasil kesepakatan antara peneliti dan observer, yaitu siswa telah mencapai KKM sebanyak 80%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang mencapai KKM hanya 56%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa siswa mencapai KKM 92%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an pada siswa kelas IV SDN Slipi 15 Pagi Jakarta Barat.
Kata kunci: Kemampuan membaca Alqur’an, Contextual Teacing and Learning, Action Research.
TM00005750 | SK 5750 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain