Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V sekolah dasar
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
KARMILA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran yang meliputi pembelajaran berbasis masalah dan strategi ekspositori dan kemandiriran belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dalam ekosistem. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Kristen 11 Penabur Jakarta, jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan level 2 x 2. Analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan strategi Problem Based Learning (PBL) dan kelompok yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositori, (2) ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dalam ekosistem, (3) Hasil belajar IPA lebih tinggi diperoleh peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi bila diajar dengan mengunakan strategi Problem Based Learning (PBL) dari pada diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (4) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam lebih tinggi diperoleh oleh peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah bila diajar dengan mengunakan strategi pembelajaran ekspositori dari pada diajar dengan strategi Problem Based Learning (PBL).
Kata kunci: Strategi problem based learning, strategi ekspositori, kemandirian belajar, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
TM00005746 | TM 5746 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain