Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 09 Pagi Jakarta Pusat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN TANAH TINGGI 09 PAGI
SUTRISNO,
UniversitasNegeri Jakarta, Program Pascasarjana S2
JL.Rawamangun Muka, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
sutrisnopgsdunj@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN Tanah Tinggi 09 Pagi, Jakarta Pusat melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi untuk data proses dengan menggunakan lembar observasi. Tes hasil belajar IPA, tes awal yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk mengimplementasikan melalui sintaks pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam siklus, guna meningkatkan hasil belajar IPA dalam tema Lingkungan Sahabat Kita. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan
Data yang dianalisis adalah data kualitatif, yang diperkuat dengan penilaian tes hasil belajar IPA, guna membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang diimplementasikan terhadap hasil belajar IPA. Peningkatan hasil belajar IPA diamati melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini dibuktikan dengan prosentase nilai hasil belajar IPA 70% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II. Sementara aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,28% dan pada siklus II 100%. Aktivitas siswa pada siklus I 83,69% dan siklus II 95,71%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas V SDN Tanah Tinggi 09 Pagi meningkat dengan dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, dan Penelitian Tindakan
TM00005744 | TM 5744 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain