Text
Hubungan kecerdasan emosional dan self efficacy dengan hasil belajar IPS : studi pada siswa kelas V di SDN Kelurahan Slipi Jakarta Barat
ABSTRAK
Puspa Wilujeng, 2019; Hubungan Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy Dengan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V di SDN Kelurahan Slipi Jakarta Barat).
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS siswa, 2) hubungan self efficacy dengan hasil belajar IPS siswa, dan 3) hubungan kecerdasan emosional dan self efficacy dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kelurahan Slipi Jakarta Barat. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan teknik cluster sampling (area sampling) dengan cara memilih salah beberapa sekolah dasar yang mewakili SDN di kelurahan Slipi dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Slipi 07, SDN Slipi 11, SDN Slipi 15 dan SDN Slipi 18 yang masing-masing berjumlah 25 siswa sehingga seluruh sampel berjumlah 100 siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,01, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,01, dan 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan self efficacy secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,01.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Hasil Belajar IPS.
TM00005768 | TM 5768 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain