Text
Pengaruh strategi pembelajaran VAK (visual, audio, kinestetik) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar : studi eksperimen di SDN Majalengka Wetan VII
ABSTRAK
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pengaruh strategi pembelajaran Visual, Audio, Kinestetik (VAK) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain kelompok by level 2 x 2. Analisis data menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Majalengka Wetan VII. Adapun hasil penelitian ini pertama, hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran VAK lebih tinggi daripada yang belajar dengan pembelajaran ekspositori. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan strategi pembelajaran VAK lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran ekspositori. Keempat, hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan strategi pembelajaran VAK lebih rendah daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran VAK, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA
TM00005743 | TM 5743 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain