Text
Pengembangan game interaktif pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV di sekolah dasar
PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
YOHANA CLARA
ABSTRAK
Penelitian ini adalah mengembangkan game interaktif pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD, penelitian ini dilakukan di sekolah dasar Widya Bhakti Bekasi melalui pengembangan game interaktif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick and Carey yang terdiri dari sepuluh tahap yaitu, analisis kebutuhan dan tujuan, melakukan analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, merumuskan tujuan performasi, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi instruksional, mengembangkan dan memilih material instruksional, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi instruksional, dan merancang dan melaksakan evaluasi sumatif. Penelitan ini dimulai dengan melakukan pendahuluan, validasi teoritik dilakukan dengan uji pakar, validasi empiris dilakukan denga uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Widya Bhakti. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada pretest yaitu 65,2 dan setelah menggunakan game interaktif nilai rata-rata siswa menjadi 76,9 Hal ini menunjukkan kenaikan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah game interaktif pada pembelajaran tematik dapat digunakan sebagai interaktif dalam pebelaharan bagi guru dan siswa. Pada Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui game interatif.
Kata Kunci: Game interaktif , Pembelajaran tematik, Model dick and carey dan Penelitian pengembangan , Sekolah Dasar.
TM00005771 | TM 5771 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain