Text
Pengaruh metode pembelajaran dan regulasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : studi eksperimen siswa kelas IV di SDN Gedong 08 Pagi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN REGULASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(Studi Eksperimen Siswa Kelas IV di SDN Gedong 08 Pagi)
LIA WAHYU PANUNTUN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran dan Regulasi Diri Terhadap Keterampilan Berpikir kritis pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Gedong 08 Pagi. Penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan 2 x 2 treatment by level. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang dikaji yaitu: kemampuan berpikir kritis siswa sebagai variabel terikat (Y). Sedangkan variabel bebasnya adalah (1) Metode Pembelajaran (2) Regulasi Diri Dalam penelitian ini menjadi populasi sasaran (target) adalah seluruh siswa SDN Gedong 08 Pagi. Sedangkan Populasi terjangkau adalah siswa kelas IV SDN Gedong 08 Pagi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Skor berpikir kritis siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Investigasi lebih tinggi dari Skor berpikir kritis siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Ekspositori, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan Regulasi Diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa., (3) Siswa yang memiliki Regulasi Diri tinggi, memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik bila menggunakan Metode pembelajaran Group Investigasi, (4) Siswa yang memiliki Regulasi Diri rendah, kemampuan berpikir kritis lebih tinggi menggunakan Metode pembelajaran Ekspositori.
Kata kunci : metode pembelajaran, Regulasi Diri, kemampuan berpikir kritis
TM00005737 | TM 5737 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain