Text
Hubungan efikasi diri kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V : studi korelasi di SDN Kecamatan majasari Kabupaten Pandeglang Banten
HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V
(Studi Korelasi di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten)
BAI LATIFAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model korelasional. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 109 siswa yang diambil dengan menggunakan sampel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,499. Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,547. Ada hubungan yang positif secara bersama-sama antara efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,4735 dan kontribusi sebesar 47,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V.
Kata kunci : efikasi diri, kecerdasan emosional, prestasi belajar IPS
TM00005729 | TM 5729 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain