Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Karawaci Baru 3, Karawaci Kota Tangerang
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
KELAS IV DI SDN KARAWACI BARU 3
Milla Sovia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
pendekatan keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil
belajar IPA kelas IV di SDN Karawaci Baru 3. Jenis penelitian ini adalah experimen
dengan menggunakan teknik purposive sampling yang telah dilakukan kepada 56
siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis
varian (ANAVA) dua jalur dengan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitian
menunjukan: (1) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan
pendekatan keterampilan proses lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan
pendekatan SAVI, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan pendekatan
keterampilan proses dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA, (3)
hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan
keterampilan proses lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan
SAVI pada kelompok siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar
IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan SAVI lebih tinggi dari
siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada kelompok
siswa yang memiliki berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pendekatan keterampilan proses dengan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil
belajar IPA
Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA
TM00005741 | TM 5741 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain