Text
Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa : studi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sangiang Jaya Kota Tangerang
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN
PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA
(Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sangiang Jaya Kota Tangerang)
LAILA MUNAWAROH
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem
Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan pemahaman
konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu
dengan desain faktorial 2 × 2 treatment by level. Analisis data dilakukan
dengan mengguankan uji ANAVA 2 jalur dan uji lanjutan dengan uji-t, dengan
hasil: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan
dengan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan
pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran
dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran
matematis, 3) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan
PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan
pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal
matematika tinggi, 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran
matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran PBL dan siswa yang
mendapat pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan
kemampuan awal matematika rendah, 5) Kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa yang diberi perlakuan dengan PBL lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori,
6) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal
matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, 7)
Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan
PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan
pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa dengan kemampuan awal
matematika tinggi, 8) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman
konsep matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran PBL dan
siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa
dengan kemampuan awal matematika rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Pemahaman
Konsep Matematika, Kemampuan Awal Matematika, Problem
Based Learning
TM00005738 | TM 5738 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain