Text
Pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari metakognisi belajar siswa sekolah dasar : penelitian eksperimen pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis
PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI BELAJAR
SISWA SEKOLAH DASAR
Faisal Rahman
faisal.r@student.upi.edu
Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar
Pascasarjana Universitas Negeri jakarta
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem
based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
ditinjau dari metakognisi dalam belajar siswa sekolah dasar. Penelitian
dilakukan di SD Negeri 1 Cieurih dengan sampel siswa kelas IVA 30 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan sampel siswa 30 orang
sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah
analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)
terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
yang melalui metode problem based learning dengan siswa yang
menggunakan metode ekspositori; (2) terdapat interaksi antara metode
pembelajaran dan metakognisi belajar terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika; (3) Siswa yang memiliki metakognisi belajar tinggi,
kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang
diajar metode problem based learning lebih tinggi dari pada kelompok siswa
yang diajar menggunakan metode ekspositori; (4) Siswa yang memiliki
metakognisi belajar rendah, kemampuan pemecahan masalah matematika
antara kelompok siswa yang diajar menggunakan metode problem based
learning lebih rendah dari pada kelompok siswa yang diajar menggunakan
metode ekspositori.
Kata Kunci: model, problem based learning, kemampuan pemecahan
masalah, matematika, metakognisi, belajar.
TM00005761 | TM 5761 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain