Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kemandirian belajar dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Tanah Tinggi 09 Pagi Jakarta Pusat
PENGARUH PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN TANAH TINGGI 09 PAGI
INDAH TRISMAWANTI,
UniversitasNegeri Jakarta, Program Pascasarjana S2
JL.Rawamangun Muka, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
ndahtris@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh media audio visual dan percaya diri terhadap kemampuan menuis narasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanah Tinggi 09 Pagi dengan sampel 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik multi-stage random sampling, yaitu pengambilan kelompok yang lebih kecil dari kelompok yang sudah dipilih sebelumya secara acak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah by level design 2 x 2 ANAVA dua jalur.
Dari hasil penelitian diperoleh 2hitung sebesar 3,672, sedangkan 2tabel dengan dk = 3 pada taraf signifikansi = 0,05 diperoleh 7,81. Hal ini menunjukkan bahwa 2hitung 2tabel atau 3,762 7,81. Jika dikaitkan dengan kriteria penerimaan, maka Ho diterima. Dengan demikian, keempat kelompok data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Diterimanya hasil uji normalitas dan homogenitas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa uji persyaratan untuk pengujian hipotesis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dapat dipenuhi dan dilaksanakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis narasi anak yang diberi media pembelajaran film pendek lebih tinggi daripada anak yang diberi media pembelajaran slide gambar. (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian terhadap kemampuan menulis narasi siswa. (3) Kemampuan menulis narasi anak yang diberi media pembelajaran film pendek pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi media pembelajaran slide gambar. (4) Kemampuan menulis narasi anak yang diberi media pembelajaran slide gambar pada kelompok siswa kemandirian rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi media pembelajaran film pendek.
Kata kunci: media pembelajaran, kemandirian belajar, kemampuan menulis narasi
TM00005767 | TM 5767 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain