Text
Literasi sains melalui videoscribe dan kahoot dalam pembelajaran ekosistem dan jaring-jaring makanan di kelas V SD
Literasi Sains Melalui Video Scribe dan Kahoot Dalam Pembelajaran Ekosistem dan Jaring-Jaring Makanan Di Kelas V SD
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains setelah mengembangkan media pembelajaran IPA berupa literasi sains melalui videosribe dan kahoot dalam pembelajaran ekosistem dan jaring-jaring makanan pada siswa kelas V SDI Al Azhar 8, Kembangan Jakarta Barat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D yang mengacu pada model Dick and Carrey. Responden dalam penelitian ini terdiri dari uji ahli (Bahasa, Media, dan Materi), uji coba one to one, uji coba small group, dan uji coba field test. Hasil pengembangan model kuis literasi sains melalui videoscribe dan kahoot dinilai oleh ahli bahasa dengan kelayakan produk 86% , ahli media dengan kelayakan produk 83%, dan ahli materi dengan kelayakan 83%. Semua penilaian masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Tahap selanjutnya model kuis literasi sains melalui videoscribe dan kahoot dinilai oleh 5 responden (uji coba one to one) dengan kelayakan produk 73%, diujicobakan kepada 15 responden (uji coba small group) dengan kelayakan produk 83%, serta diujicobakan kepada 35 responden (uji coba field test) dengan kelayakan 86%. Penilaian yang dilakukan responden mesuk ke dalam kategori “ Sangat Baik”.
Keterampilan proses sains dalm penelitian ini dilakukan oleh guru kelas. Guru kelas melakukan penilaian sebelum dan sesudah menggunakan media. Pada saat sebelum menggunakan literasi sains melalui videoscribe dan kahoot, siswa mendapatkan rata-rata 86% , setelah menggunakan kuis literasi sains melalui videoscribe dan kahoot mengalami peningkatan rata-rata 90% . hal ini menunjukkan bahwa kuis literasi sains melalui videoscribe dan kahoot meningkatkan keterampilan proses sains siswa hingga mencapai ketuntasan. Dengan demikian literasi sains melalui videoscribe dan kahoot memiliki efektifitas terhadap keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : Keterampilan proses sains, literasi sains melalui videoscribe dan kahoot.
TM00005759 | TM 5759 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain