Text
Pengaruh strategi PQ4R dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran matematika di sekolah dasar
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH
ZULVIA MISYKAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di satu sekolah pada kelas V SDI At- Taubah kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar yang belajar menggunakan strategi pembelajaran PQ4R antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. (2) ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata dan siswa yang memiliki kecerdasan intelektual rata-rata. (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Dikarenakan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan intelektual maka tidak dilakukan uji lanjut yaitu uji tukey.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R, Strategi Pembelajaran Ekspositori, kemampuan berpikir tingkat tinggi.
TM00005757 | TM 5757 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain