Text
Model pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menengah atas
MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BERBASIS PERMAINAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Chairul Umam Ramadhan
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menegah atas. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menegah atas serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler futsal yang terdiri dari 20 siswa untuk uji kelompok kecil, 60 siswa untuk uji kelompok besar dan 40 siswa untuk uji efektifitas. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan passing futsal yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan passing futsal siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan passing siswa adalah 6.42. Setelah diberikan perlakuan model pembelajar keterampilan passing didapatkan tingkat kemampuan passing siswa 10.18. Pada uji signifikan didapatkan mean= -3.750 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -24.187 df=39 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal.
Kata Kunci : Siswa SMA, Pembelajaran passing futsal
TM00005786 | TM 5786 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain