Text
Pengaruh metode pelatihan dan efikasi diri terhadap kompetensi technological, pedagogical and content knowledge : studi eksperimen pada guru-guru PAUD se-Provinsi Banten
ENGARUH METODE PELATIHAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTEN KNOWLEDGE GURU PAUD DI PROVINSI BANTEN
Nita Priyanti
Universitas Negeri Jakarta
nita_priyanti63@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pelatihan danatau yang disebut Efikasi diri terhadap kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Provinsi Banten. Metode pelatihan manakah yang cocok diterapkan dengan mempertimbangkan Efikasi diri guru sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, sedangkan sampel penelitian adalah 140 guru yang terdiri dari 70 guru yang mengikuti pelatihan dengan metode coaching (kelas eksperimen) dan 70 guru sebagai kelas control dengan metode peltihan mentoring di Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru PAUD dengan menggunakan metode pelatihan coaching lebih tinggi dari guru dengan menggunakan metode mentoring (32,82>31,87), 2) Nilai rata-rata kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru yang memiliki tingkat Efikasi diri tinggi dengan menggunakan metode pelatihan coaching lebih tinggi dari yang mengikuti metode mentoring (40,58>33,47), 3) Nilai rata-rata kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru dengan Efikasi diri rendah dengan menggunakan metode pelatihan mentoring lebih tinggi dari guru yang mengunakan metode coaching (30,26>25,05), 4) Terdapat pengaruh metode pelatihan terhadap rata-rata hasil kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru PAUD bergantung pada tingkat Efikasi diri guru (10,77 > 3,97). Dapat disimpulkan bahwa metode pelatihan dapat meningkatkan kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK) guru pendidikan anak usia dini dengan memperhatikan tingkat Efikasi diri yang dimiliki guru.
Kata Kunci: Metode Pelatihan,dan Kompetensi Technological, Pedagogical And Conten Knowledge (TPACK)
DD00002420 | DD 2420 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain