Text
Peningkatan pengetahuan gender anak usia 5-6 tahun melalui "project method" : penelitian tindakan kelas pada kelompok B di TK Benih kasih Terpadu, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang
PENINGKATAN PENGETAHUAN GENDER ANAK USIA 5-6 TAHUN
MELALUI “PROJECT METHOD”
(Penelitian Tindakan Pada Kelompok B di TK Benih Kasih Terpadu, Kecamatan
Tengaran, Kabupaten Semarang)
Eunike Milasari Listyaningrum
PPS UNJ Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
eunikemilasari@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil kegiatan pembelajaran
menggunakan project method dalam meningkatkan pengetahuan gender anak usia 5-6
tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Benih Kasih Terpadu pada bulan Agustus 2018.
Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 11 siswa. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari : perencanaan, tindakan dan
observasi, refleksi. Penelitian dilakukan dalam 16 pertemuan dan dibagi menjadi dua
siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pre-action dilakukan untuk menentukan
presentase pengetahuan gender sebesar 51,5%, meningkat menjadi 65,1% setelah siklus
pertama, dan meningkat menjadi 85,3% setelah siklus kedua. Pengetahuan gender dapat
dikembangkan melalui project method dikarenakan melalui project method anak-anak
dapat memahami pengetahuan secara logis, konkret, dan aktif.
Keywords : pengetahuan gender, project method, penelitian tindakan
TM00005833 | TM 5833 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain