Text
Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman sains fisik : penelitian eksperimen di TK kelompok B di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumatera Barat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN SAINS FISIK
(Penelitian Eksperimen Pada TK Kelompok B di Kecamatan Tanjung Raya Tahun 2018)
Ayu Citra Dewi
ayucitra94dewi@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman sains fisik pada kelompok B usia 5-6 tahun Taman Kanak-kanak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 56 anak. pengumpulan sampel menggunakan teknik stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikan α = 0.05. Untuk menguji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji barlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman sains fisik anak yang belajar belajar dengan model pembelajaran quantum teaching lebih tinggi daripada model pembelajaran contextual teaching and learning berdasarkan Fhitung = 8.96 > Ftabel = 4.02 ; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman sains fisik berdasarkan Fhitung = 33.37 > Ftabel = 4.02; (3) Pemahaman sains fisik anak yang belajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi daripada anak yang belajar dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi berdasarkan Qhitung = 13.02 > Qtabel = 4.11; (4) Pemahaman sains fisik anak yang belajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah lebih rendah daripada anak yang belajar dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah berdasarkan Qhitung = -4.13 < Qtabel = 4.11.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Pemahaman Sains Fisik
TM00005834 | TM 5834 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain