Text
Literasi dalam kegiatan jurnal : studi kasus pada anak usia 5-6 tahun di TK Karakter Depok tahun 2018
LITERASI DALAM KEGIATAN JURNAL
(Studi Kualitatif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Karakter Depok
Tahun 2018)
Yudha Aviratri
Email: yudhaviratri@gmail.com
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian studi kualitatif ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai data pembelajaran Literasi dalam kegiatan jurnal pada Anak Usia 5-6 di TK Karakter Depok Tahun 2018. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif case study dengan sumber datanya anak usia 5-6 tahun dengan mengunakan instrument observasi, wawancara dan menyebarkan kuisioner atau angket secara langsung. Adapun analisa datanya dengan cara pengumpulan data, analisis dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan jurnal dapat membantu pembelajaran literasi pada anak yaitu menyenangi kegiatan membaca dan menulis sederhana, yang dapat digunakan sebagai bekal akademis ke jenjang berikutnya, Dalam pelaksanaan kegiatan jurnal TK Karakter Depok memberikan dampak yang positif bagi anak, diantaranya anak menyukai kegiatan literasi seperti membaca dan menulis sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga mereka memiliki memiliki minat baca, kreativitas dan imajinasi yang baik. Hal ini tidak lepas dari dukungan guru yang memberikan dampingan dan motivasi. Kegiatan Jurnal juga dapat diadaptasi oleh berbagai sekolah dengan latar belakang yang berbeda karena penyelenggarannya yang sederhana dan mudah.
Kata Kunci: Literasi, Jurnal dan Kualitatif
TM00005843 | TM 5843 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain