Text
Peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui permainan berbasis bahasa : penelitian tindakan pada kelompok A di TK K Penabur Kota Wisata Bogor tahun 2018
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengambarkan proses penerapan permainan berbasis bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca awal pada kelompok A di TK K Penabur Kota Wisata, BogorTahun 2018.Penelitian tindakan kelas mengunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah yang berjumlah 20 anak. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi. Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifnya mengunakan model Miles and Hubberman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil akhir dari analisa data menunjukan peningkatan Kemampuan membaca awal pada anak pada pra siklus sebanyak 34,15 % menjadi 60.02 % pada siklus I artinya melalui permainan berbasis bahasa meningkat sebanyak 25,87 %, pada siklus II kemampuan awal membaca anak menjadi 80.48 % artinya dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 20,47 %.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan, Kemampuan Membaca Awal, Permainan berbasis bahasa.
TM00005837 | TM 5837 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain