Text
Hubungan kepribadian dan interaksi lingkungan keluarga dengan kemampuan bahasa Indonesia : penelitian korelasional siswa kelas 2 sekolah dasar di Tangerang Selatan
HUBUNGAN KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA
(Penelitian Korelasional Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar
di Tangerang Selatan
IMAM MUJTABA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepribadian dan lingkungan dengan kemampuan Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 392 siswa kelas 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen skala penilaian dan dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi (regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif antara kepribadian dengan kemampuan Bahasa Indonesia anak dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh t hitung 8,77 ˃ t tabel 1,97. (2) Terdapat hubungan positif antara lingkungan dan kemampuan bahasa Indonesia anak dengan tingkat signifikan α = 0,05, yang diperoleh t hitung 9,03 ˃ t tabel 1,97. (3) Terdapat hubungan positif antara kepribadian dan lingkungan bersama dengan kemampuan bahasa Indonesia dengan tingkat signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 7,92 ˃ t tabel 1,97. Implikasi dalam penelitian ini mengidentifikasi bahwa kemampuan bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh kepribadian dan lingkungan.
Kata Kunci : kepribadian dan lingkungan dengan kemampuan bahasa indonesia
TM00005841 | TM 5841 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain