Text
Pengaruh status ibu bekerja dan motivasi berprestasi anak terhadap hasil belajar matematika : studi penelitian ex post facto kelas 1 SDN di wilayah Jakarta Selatan 2018
PENGARUH STATUS IBU BEKERJA DAN MOTIVASI BERBERPRESTASI ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(Studi Penelitian Ex Post Facto Kelas 1 SDN di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan)
Mukarromah 1, Elindra Yetti 2, Yuliani Nurani 3
1PPS PAUD, Universitas Negeri Jakarta,
Jl. Rawamangun Muka Rawamangun RT.11/RW.14 Rawamangun Jakarta Timur
mukarromahhs@gmail.com
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status ibu bekerja dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika kelas 1 SD di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Populasi sebanyak 80 anak dan sampel 50%. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan desain perlakuan 2x2 dan tehnik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Data penelitian hasil belajar matematika diperoleh dengan analisis varian (ANAVA), dan diuji dengan analisis uji persyaratan melalui uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki status ibu bekerja dan status ibu tidak bekerja (2) terdapat interaksi status ibu bekerja dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika (3) ada perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan status ibu bekerja dan motivasi berprestasi rendah dengan status ibu bekerja (4) ada perbedaan hasil belajar matematika yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan status ibu tidak bekerja.
Kata kunci : status ibu bekerja, motivasi berprestasi, hasil belajar matematika
TM00005838 | TM 5838 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain