Text
Penguasaan kosa kata anak dalam kegiatan bercerita : penelitian pada kegiatan bercerita di Rumah Cerita Yatim Seribu Pulau Seribu
PENGUASAAN KOSAKATA ANAK DALAM KEGIATAN BERCERITA
(Penelitian pada Kegiatan Bercerita Di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau)
Farhah Millati Kamalia
farhahkamalia76@gmail.com
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan kosakata pada anak usia tujuh tahun dalam kegiatan bercerita di sebuah lembaga yang bernama Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan metode ini didorong keingintahuan peneliti, bagaimana kegiatan bercerita efektif menambah penguasaan kosakata anak. Data dikumpulkan melalui observasi dengan mendokumentasikan temuan lapangan dalam bentuk tulisan, foto dan video, mewawancarai pengurus dan anak asuh, serta studi dokumen dari akun media sosial milik Yatim Seribu Pulau. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik penjodohan pola Campbell. Pola yang digunakan merupakan pola yang dibangun dari kajian teori dan dicocokan berdasarkan temuan-temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata pada anak usia tujuh tahun di Rumah Ceria Yatim Seribu Pulau salah satunya disebabkan dengan adanya kegiatan bercerita. Kegiatan bercerita tersebut disampaikan oleh pencerita dengan menggunakan intonasi suara, mimik wajah, bahasa tubuh, dan boneka. Anak aktif menjawab pertanyaan pencerita, tertawa, bersorak, memperagakan tokoh cerita. kegitan bercerita dapat digunakan oleh pendidik dan orang tua untuk menambah penguasaan kosakata anak.
Kata kunci: kegiatan bercerita, kosakata, studi kasus
TM00005839 | TM 5839 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain