Text
Pengaruh alat permainan edukatif dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan matematika awal : studi eksperimen pada anak Taman Kanak-kanak kelompok B di Kabupaten Pandeglang Banten tahun 2019
PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENGETAHUAN MATEMATIKA AWAL
(Penelitian Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pandeglang 2019)
Desri Yanti
desri.kyu@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan matematika awal anak-anak kelompok B taman kanak-kanak (5-6 tahun). Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini adalah 120 siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik stratified multistage cluster random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengetahuan matematika awal anak-anak yang diberikan APE maze memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada yang bermain APE puzzle (fhitung = 4,55 > ftabel = 3,97); (2) ada efek interaksi antara anak-anak yang diberikan APE dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan mereka tentang matematika awal (fhitung = 4,56 > ftabel = 3,97); (3) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi yang diberikan APE maze memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan APE puzzle (Qhitunga1b1-a2b1 = 6,44 > Qtabel = 3,74); dan (4) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayan diri rendah yang diberikan APE puzzle memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan APE maze (Qhitung a1b2-a2b2 = 0,95< Qtabel = 3,74). Implikasi dalam penelitian ini adalah guru memiliki peranan penting untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya khususnya dalam konsep matematika awal.
Kata kunci: alat permainan edukatif, kepercayaan diri, matematika awal
TM00005824 | TM 5824 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain