Text
Hubungan antara academic press, relasi guru-siswa, dan efikasi diri dengan emotional adjustment : penelitian korelasi pada siswa kelas 2 di sekolah dasar terakreditasi A di Jakarta Timur tahun ajaran 2018/2019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara academic press, relasi guru-siswa dan efikasi diri dengan emotional adjustment pada anak siswa Sekolah Dasar kelas 2. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden 132 anak di Jakarta Timur yang dipilih menggunakan multistage cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan empat instrumen penelitian berbentuk skala 1-3 yang diadaptasi dan dikembangkan dari indikator penelitian, di antaranya student survey academic press ( , Student Teacher Relationship Scale versi pendek ( , skala efikasi diri akademik ( dan School Liking and Avoidance Questionnaire ( . Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat hubungan negatif secara langsung antara academic press dengan emotional adjustment, 2) terdapat hubungan positif secara langsung antara relasi guru-siswa dengan emotional adjustment, 3) tidak terdapat hubungan positif secara langsung antara efikasi diri akademik dengan emotional adjustment, serta 4) terdapat hubungan positif antara academic press, relasi guru-siswa, dan efikasi diri secara simultan dengan emotional adjustment. Berdasarkan temuan ini, dipahami bahwa relasi yang positif antara guru dan siswa berperan penting dalam memprediksi persepsi positif anak terhadap sekolah. Oleh karena itu, pendidik disarankan membangun relasi yang bersifat positif dengan siswa agar memberi sumbangan positif pada terbentuknya rasa suka terhadap sekolah dan menurunnya penolakan terhadap sekolah kaitannya dengan sifat hubungan negatif variabel akademik yang memiliki kemungkinan pengaruh tidak langsung pada emotional adjustment. Kemungkinan ini membutuhkan pengujian lebih lanjut.
Kata Kunci: academic press, emotional adjustment, relasi guru siswa, prestasi akademik.
TM00005823 | TM 5823 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain