Text
Strategi membangun brand image melalui ketersediaan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan daya saing sekolah : studi kasus di SMK Raden Umar Said Kudus
STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMK RADEN UMAR SAID KUDUS)
A. Faisol Ashar
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sekolah melakukan strategi brand image memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah tersedia untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMK Raden Umar Said Kudus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah di SMK Raden Umar Said Kudus. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa SMK Raden Umar Said Kudus dalam meningkatkan daya saing sekolah memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui key sector strategy (strategi sektor kunci) untuk membangun brand image (citra merek) sekolah pada masyarakat. Adapun faktor pendukungnya adalah kerjasama antara SMK Raden Umar Said Kudus, pemerintah, dan swasta, pengelolaan sarana dan prasarana, dan pemanfaatan sarana dan prasarana oleh peserta didik untuk membuat karya. Sementara, faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga teknisi sarana dan prasarana, biaya perawatan sarana dan prasarana, dan kompetensi tenaga pengajar yang belum memadahi.
Kata Kunci: daya saing, sarana dan prasarana, brand image, SMK.
TM00005865 | TM 5865 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain