Text
Pengembangan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan literasi : penelitian pengembangan, kelas 1 SD Kabupaten Tangerang tahun 2018
ABSTRAK
Penelitian ini adalah mendeskripsi karakteristik media puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak pada usia 6-7 tahun di Kabupaten Tangerang, mengembangkan media, dan mendeskripsikan penilaian alhi terhadap media puzzle dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Sumber data pada penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru, anak sekolah dasar kelas 1, dan pakar/ahli. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi menggunakan ceklis. Tekhnik analisis kebutuhan data pada penelitian ini menggunakan kualitatik dan kuantitatif. Hasil pada penelitian ini kegiatan literasi 15 menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat menggunakan media puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 6-7 tahun, dimana konten pada media puzzle ini yaitu (1) ceritap pendek yang berjudul “Hewan Ternakku”, (2) ilustrasi/ gambar da nisi cerita yang ada pada media puzzle sudah tidak awam lagi dengan kehidupan anak, (3) ) ilustrasi/ gambar da nisi cerita yang ada pada media puzzle dapat membuat anak tertarik untuk menggunakan media dan membaca isi cerita, (4) dapat memberikan wawasan yang lebih luas dengan tema yang serupa kepada anak. Kelayakan media puzzle secara empiris maupun teoritik, media di validasi oleh para pakar/ahli ( pakar PAUD, pakar media, pakar literasi) dan analisis fakta terhadap rendahnya kemampuan literasi. Kemudian data di uji t – berpasangan untuk mengetahui terdapat peningkatan kemampuan literasi menggunakan media puzzle.
Kata Kunci : 1 Sekolah Dasar, 2 Media Puzzle, 3 Kemampuan Literasi
TM00005818 | TM 5818 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain