Text
Pengembangan media permainan monaya untuk meningkatkan pemahaman multikultural : penelitian dan pengembangan anak usia 7-8 tahun di Kota jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman multikultural anak usia 7-8 tahun melalui media permainan MONAYA. Media permainan MONAYA merupakan permainan Monopoli Budaya yang memiliki konten mengenai keberagaman budaya atau multikultural dimana monopoli tersebut dicetak pada banner besar dan menjadikan anak sebagai pion dengan menggunakan dadu dan kartu-kartu pendukung dengan ukuran besar sehingga dapat menarik minat anak dalam kegiatan belajar mengajar dan menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dan telah diujicobakan melalui uji coba satu-satu (one to one), uji coba kelompok kecil (small group) dan uji coba kelompok besar (field group) serta telah divalidasi oleh pakar pendidikan anak usia dini, pakar media dan pakar multikultural. Adanya peningkatan pada hasil kegiatan pre-test dan post-test dan antusias anak yang sangat tinggi serta hasil t-test yang menunjukkan nilai sebesar -9.492 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa media permainan MONAYA efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman multikultural pada anak usia 7-8 tahun.
Kata Kunci: Permainan Monopoli, Multikultural, Pendidikan Anak Usia Dini
TM00005828 | TM 5828 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain