Text
Model materi ajar membaca berbasis pendekatan deduktif untuk siswa BIPA tingkat A1 : penelitian pengembangan di SD D'Royal Moroco Integrative Islamic School
MODEL MATERI AJAR MEMBACA BERBASIS PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK SISWA BIPA TINGKAT A1
(Penelitian Pengembangan di SD D’Royal Moroco Integrative Islamic School)
Siti Ayu Ningsih
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi ajar membaca dengan menggunakan pendekatan deduktif untuk pembelajaran BIPA A1 tingkat Sekolah Dasar. BIPA A1 merupakan Bahasa Indonesia bagi penutur asing yang berada pada tingkatan paling awal dalam mempelajari bahasa Indonesia. Pemilihan pendekatan deduktif dilandasi oleh situasi pemelajar BIPA yang masih berada di level A1. Pendekatan deduktif sendiri merupakan pendekatan berpola umum ke khusus yang cocok digunakan untuk pengajaran yang pemelajarnya belum memiliki pengalaman belajar terkait hal yang akan dipelajari. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang mengacu pada desain pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kondisi lapangan dan kebutuhan penelitian. Pengembangan materi ajar yang dilakukan dalam penelitian ini mengacu pada analisis kebutuhan yang dilakukan di SD D’Royal Moroco Integrative Islamic School dan peraturan pemerintah terkait BIPA. Berdasarkan kedua hal tersebut, dilakukan pengembangan silabus yang diturunkan menjadi materi ajar berbasis pendekatan deduktif. Setelah dikembangkan, produk divalidasi oleh tiga pakar lalu produk diperbaiki sesuai saran dan masukan dari para pakar. Selanjutnya, produk dinilai para rekan sejawat dan juga dilakukan perbaikan terhadap produk berdasarkan saran dari para rekan sejawat. Setelah itu, dilakukan uji coba lapangan terhadap produk.
Kata kunci: materi ajar, BIPA A1, membaca, deduktif, pengembangan
TM00005854 | TM 5854 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain