Text
Pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 30 Jakarta : suatu kajian etnografi
PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 30 JAKARTA( SUATU
KAJIAN ETNOGRAFI)
Christofeira Zita Karundeng
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang
pembelajaran bahasa jepang di SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil
pengamatan (observasi), wawancara, pembuatan catatan lapangan dan dokumentasi
langsung di lokasi penelitian. Data dianalisis menggunakan model analisis Spradley,
terdiri dari analisis domain, taksonomi, komponen, dan tema budaya. Sumber penelitian
untuk mendapatkan data yakni guru bahasa Jepang, siswa, dan semua yang berkaitan
dengan proses pembelajaran bahasa Jepang. Guru dan siswa memiliki peranan yang
penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:
1) Tujuan pembelajaran bahasa Jepang berfokus pada aspek keterampilan berbahasa
Jepang. 2) Materi yang digunakan guru dalam pembelajaran disesuaikan dengan
kebutuhan, kemampuan, dan kondisi siswa. 3) Pendekatan, metode dan strategi
pembelajaran yakni berorientasi pada siswa dengan metode terjemahan. 4) Media
pembelajaran adalah berdasarkan kebutuhan dan disesuaikan dengan tema pelajaran. 5)
Evaluasi dilihat dari proses dan hasil siswa belajar di kelas. 6) Tema Budaya yang di
temukan dalam pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 30 Jakarta adalah
a.Aisatsu b.Pembelajaran bahasa Jepang yang menyenangkan c.Guru bahasa Jepang
yang aktif dan kreatif d.siswa belajar ekstrakulikuler Japan Club (Nihon Kazoku)
e.menghargai waktu.
Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Jepang, kualitatif, etnografi
TM00005860 | TM 5860 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain