Text
Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Inggris kelas VII: "When English Rings A Bell" edisi revisi 2016
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris
Kelas VII
( “When English Rings A Bell” edisi revisi 2016)
1) Sutjiati 2) Zainal Rafli 3)Zuriyati
Program Pendidikan Bahasa
Pasca Sarjana Universiatas Negeri Jakarta
GedungM Komplek Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka RT11/RW14, Rawamangun, Jakarta Timur , Kode Pos Pos 13220, Jakarta Indonesia
Email : 1) sutjiati_pb14s2@mahasiswa.unj.ac.id 2) zainal.rafli@unj,ac.id
3) zuriyati@unj.ac.id
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam buku teks bahasa Inggris “When English Rings A Bell” sebagai buku pegangan siswa yang dikeluarkan oleh PUSKURBUK memprakarsai pergantian kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013. Sebagai buku perintis tentu saja ini buku ini diharapkan dapat memenuhi persyaratan baik yang telah ditentukan dan tentunya berisi Pendidikan Karakter yang dibawa dalam kurikulum 2013 yang juga merupakan salah satu alasan pergantian kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis buku teks menggunakan seperangkat lembar kerja analisis, observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran di bab IV sebagai sampel. Menurut penelitian ini, ada beberapa temuan nilai, yaitu Peduli = 2%; Disiplin = 38%; Berani = 57% ; Jujur = 2% dan Tanggung jawab = 0% ,. Artinya buku tersebut berisi nilai-nilai pendidikan karakter. Meskipun ada satu nilai-pendidikan karakter Tanggung jawab tidak terdapat dalam chapter IV ini Selanjutnya, terkait dengan pendidikan karakter, akan lebih efektif jika diimplementasikan dalam bentuk ciri-ciri karakter dengan memberikan contoh dan panutan dalam kehidupan sosial lingkungan pendidikan.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Buku Teks Pelajaran
TM00005857 | TM 5857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain