Text
Pembelajaran bahasa Inggris di prasekolah Indonesia Montessori : penelitian etnografi
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PRASEKOLAH INDONESIA MONTESSORI
(Penelitian Etnografi)
Retno Widiyanti
redthan2012@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam bagaimana proses pembelajaran bahasa Inggris di prasekolah Indonesia Montessori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk etnografi dengan memakai model etnografi Spradley.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, peran guru, peran siswa, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tujuan pembelajaran bahasa Inggris di prasekolah Indonesia Montessori yaitu memberikan keempat ketrampilan berbahasa, antara lain Listening, Speaking, Reading dan Writing, dalam hal ini prasekolah Indonesia Montessori lebih mengedepankan ketrampilan membaca dan menulis 2) materi pembelajaran yang digunakan seperti buku-buku bahasa Inggris, lagu anak-anak berbahasa Inggris, dan lembar kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, (3) metode pembelajaran yang digunakan adalah metode terintegrasi, (4) peran guru sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator, (5) peran siswa aktif dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, (6) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan observasi atau pengamatan dan daftar cek.
Kata Kunci : Etnografi, Pembelajaran Bahasa Inggris di prasekolah Indonesia Montessori
TM00005858 | TM 5858 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain