Text
Evaluasi program diklat tenaga pelatih program kesehatan di Pusdiklat Aparatur Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
EVALUASI PROGRAM DIKLAT TENAGA PELATIH PROGRAM
KESEHATAN DI PUSDIKLAT APARATUR KEMENTERIAN KESEHATAN
REPUBLIK INDONESIA
FITRIYANTI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program diklat TPPK. Merupakan
penelitian evaluasi program diklat TPPK di Pusdiklat aparatur Kemenkes RI, dengan
pendekatan kualitatif, menggunakan metode kualitatif deskriptif, desain penelitian
menggunakan model CIPP Stufflebeam karena holistik & komprehensif. Analisis hasil
evaluasi penelitian ini diperoleh: Context: 1. Ada kesesuaian program diklat TPPK
dengan visi dan misi diklat aparatur kesehatan, 2 Latar belakang program diklat jelas,
logis, relevan dengan tujuan diklat, 3. Dasar hukum diklat berupa surat keputusan
Kepala Pusdiklat Aparatur 4. Tujuan diklat relevan dengan latar belakang, 5. Need
assessment belum dituangkan dalam analisis kebutuhan; Input: 1. Peserta memenuhi
kriteria pendidikan dan pengalaman, 2. Pelatih memenuhi standar kualifikasi &
kompetensi, 3. Tujuan kurikulum: kejelasan tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap
sangat baik, Kesesuaian materi dengan tujuan pelatihan, GBPP baik, Struktur Program:
proporsi waktu teori dan praktek memadai, Kesesuaian metoda dengan tujuan
pembelajaran, Alat Bantu Pelatihan sesuai dengan metoda, Evaluasi kurikulum relevan
dengan tujuan; 4.Tersedia bahan pembelajaran cetak sangat baik; Isi dan urutan materi
cetak sangat baik, Penulisan materi cetak sangat baik, Kualitas fisik materi cetak sangat
baik sedangkan bahan pembelajaran audio visual tidak ada; 5. Sarana baik & sangat baik,
bank kasus cukup; 6. Pembiayaan: APBN. Process: 1. Perencanaan diklat: Pedoman,
Standar, Juklak Akreditasi, Kurikulum modul belum ada legal aspek dan ISBNnya, Standar
kurang relevan; 2.Pelaksanaan diklat: Sumber daya terlibat optimal; 3.Monitoring belum
ada; 4. Evaluasi diklat: Peserta: pre test, post test, tes microteaching, tes sumatif kenaikan
signifikan; Penyelenggara: materi sangat baik, bagus, menarik, jadwal sekuen
pengorganisasian waktu baik, sarana dicek kebermanfaatannya; Pelatih: sangat baik &
sangat menginspirasi, namun masih ada yang kaku; 5.Pelaporan diklat: tertulis dalam
suatu sistim administrasi yang lengkap dan runtut. Komponen Product: 1. Hasil belajar:
Penguasaan materi peserta: lulus nilai terendah 76, Hasil belajar berdasarkan penilaian
MOT baik & sangat baik, Hasil belajar penilaian peserta sangat baik, hasil tes
microteaching sangat baik; 2. Dampak kinerja: penilaian peserta sangat baik, penilaian
atasan baik, penilaian peserta yang dilatih oleh alumnus baik. Rekomendasi dihasilkan
setelah melakukan analisis dan penarikan kesimpulan. Penelitian menyimpulkan
program Diklat TPPK tetap diselenggaran setelah dilakukan perbaikan dengan mengacu
pada rekomendasi hasil penelitian.
Kata kunci: evaluasi program, diklat tenaga pelatih program kesehatan.
DD00002382 | D 2382 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain