Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar keperawatan jiwa
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI
TERHADAP HASIL BELAJAR KEPERAWATAN JIWA
WAHYU KIRANA
Abstrak
Hasil belajar Keperawatan Jiwa tergolong rendah. Ditemukan kesulitan dalam menguasai materi keperawatan jiwa karena dinilai abstrak. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang baik seperti strategi Problem Based Learning (PBL), dan Cooperative Learning (CL). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar Keperawatan Jiwa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain treatment by level 2x2. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner untuk mengukur efikasi diri. Uji persyaratan analisis menggunakan uji Liliefors dan uji Barlett. Uji hipotesis menggunakan uji Anava dua jalur, dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian: (1) hasil belajar dengan strategi PBL lebih tinggi daripada CL; (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar; (3) hasil belajar mahasiswa efikasi diri tinggi yang dibelajarkan dengan PBL lebih tinggi daripada CL; (4) hasil belajar mahasiswa efikasi diri rendah yang dibelajarkan dengan CL lebih tinggi daripada PBL.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Kooperatif, Efikasi Diri.
DD00002386 | D 2386 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain