Text
Pendidikan akhlak mulia di Pondok Pesantren : studi kualitatif pelaksanaan pendidikan akhlak mulia di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
ABSTRAK
PENDIDIKAN AKHLAK MULIA DI PONDOK PESANTREN
STUDI KUALITATIF DI PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH
( 2018 )
IMAM BUKHORI
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep akhlak dalam perspektif pendidikan pondok pesantren, pembentukan akhlak melalui mujahada dan riyadlah di pondok pesantren Asshiddiqiyah Jakarta.
Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan validasi triangulasi. Analisis data menggunakan prosedur yang dikembangkan Miles dan Huberman.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa ; 1) konsep akhlak dalam perspektif pendidikan di pondok pesantren dipahami sebagai suatu kondisi yang melekat dalam jiwa yang mendorong prilaku perbuatan baik atau buruk secara spontan. Nilai baik dan buruk diukur dengan dorongan niat yang baik, maslahat di dunia, untuk kebahagiaan di akhirat dan sesuai syari’at. 2) Mujahadah sebagai upaya untuk pembentukan akhlak dilakukan melalui pembiasaan ritual istighatsah, wajib jama’ah shalat fardlu, puasa senin dan kamis, puasa daud, wiridan dan shalat dluha, untuk membiasakan kebaikan sehingga menjadi kebutuhan dan muncul sebagai akhlak mulia. 3) Riyadlah sebagai upaya melatih diri santri secara gradual untuk mengendalikan nafsu, melakukan kebaikan, mebiasakan dan pengkondisian lingkungan. Diatur berdasarkan; syari’at, norma masyarakat, mengorientasikan akhirat dengan niat yang baik dan menyertakan do’a dalam semua aktifitas sehari-hari.
Kata Kunci : akhlak mulia, pondok pesantren, mujahadah, riyadlah
DD00002384 | D 2384 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain