Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO
CHRISANT FLORENCE LOTULUNG
Abstrak
Hasil belajar kewirausahaan adalah wujud dari kemampuan yang dicapai, dikuasai atau dimiliki oleh individu dalam hal ini mahasiswa setelah menerima suatu pengalaman belajar kewirausahaan. Perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengelola proses pembelajaran yang baik seperti strategi CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar pada hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain factorial 2x2. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, sedangkan untuk mengukur gaya belajar digunakan kuesioner. Teknik analisis data meliputi uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Uji hipotesis menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian: (1) Hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar kewirausahaan antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial, (3) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan, (4) Hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL dan memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (5) Hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL dan memiliki gaya belajar auditorial lebih rendah daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (6) Hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL dan memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial, dan (7) Hasil belajar kewirausahaan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional dan memiliki gaya belajar visual lebih rendah daripada mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Belajar, Strategi Pembelajaran
DD00002383 | D 2383 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain