Text
Pengembangan video informasi studi lanjut (voila) sebagai media bimbingan karier di SMA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa video informasi
studi lanjut (Voila) untuk siswa kelas XII IPA 2 di SMAIT Raudhatul Jannah,
Cilegon yang dapat dijadikan sebagai media bimbingan karier. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non
probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Metode penelitian yang
digunakan adalah research and development (R&D) model ADDIE (analysis,
design, development, implementation, dan evaluation). Tahapan dalam penelitian
ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpulan data
menggunakan instrumen yang diadopsi dari NCDA Guidelines for the Preparation
and Evaluation of Media Career Video. Voila berisi empat program studi yakni
perencanaan wilayah dan kota, statistika, teknologi pangan, dan oseanografi.
Materi Voila didesain berdasarkan kompetensi karier NOICC untuk siswa jenjang
SMA. Hasil evaluasi formatif pada uji coba pengguna kelompok kecil (small
group trial) yang diperoleh yaitu 81,5%. Kebaruan yang disajikan pada penelitian
ini yakni penggunaan media video dan materi khusus pengenalan program studi di
perguruan tinggi Indonesia.
Kata kunci: video informasi studi lanjut; media bimbingan karier; model ADDIE
TM00005923 | TM 5923 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain