Text
Pengembangan buku panduan untuk mengelola kemarahan pelaku bullying dengan pendekatan cognitive behavior therapy
ABSTRAK
Maraknya tindakan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah saat ini sudah sangat memprihatinkan. Salah satu dampak yang ditimbulkan menyasar pada pelaku, yaitu adanya indikasi yang menggambarkan perilaku agresif yang lebih besar/meningkat di kemudian hari yang dilakukan oleh pelaku. Pemberian intervensi yang efektif bagi pelaku bullying harus didasarkan pada bagaimana kondisi emosinya. Emosi yang melatarbelakangi remaja melakukan tindakan bullying adalah emosi marah. Rasa marah yang dimiliki remaja pelaku bullying terjadi karena terdapat distorsi pada cara berpikir remaja dalam menanggapi situasi yang dihadapinya. Dengan demikian maka pendekatan yang dianggap sesuai adalah cognitive-behavioral therapy (CBT). Memberikan pelayanan pada siswa pelaku bullying di sekolah menjadi ranah guru BK secara khusus yaitu dengan memberikan layanan konseling. Pemberian layanan konseling yang efektif harus didasarkan pada penggunaan teori yang benar dan dilakukan secara sistematis, tidak hanya didasarkan pada pengalaman semata. Sehingga penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan untuk mengelola kemarahan pelaku bullying dengan pendekatan CBT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) yang merujuk pada prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa buku panduan termasuk dalam kategori sangat layak untuk kemudian di uji cobakan dalam skala kecil dengan skor rata-rata 99% dari ahli media dan 91,5% dari ahli materi. Hasil uji coba di lapangan terhadap 8 orang guru BK menggambarkan bahwa buku panduan ini tergolong kedalam kategori sangat layak dengan skor sebesar 81,3%.
Kata Kunci : Bullying, Kemarahan, Cognitive-Behavioral Therapy
TM00005919 | TM 5919 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain