Text
Evaluasi program diklat dasar pejabat fungsional pengantar kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia
ABSTRAK
Penelitian Evaluasi pada Program Pendidikan dan Pelatihan Dasar Pejabat Fungsional Pengantar Kerja, bertujuan untuk memberikan balikan kepada pimpinan dan staf program dalam rangka pengambilan keputusan mengenai program diklat. Secara khusus tujuan penelitian evaluasi ini dimaksudkan untuk : (1) mengungkap reaksi peserta terhadap penyelenggaraan program, (2) mengungkap hasil pembelajaran yang telah dicapai oleh peserta dalam penyelenggaraan program, (3) mengungkap perubahan perilaku peserta setelah mengikuti program, (4) mengungkap dampak atau hasil yang ditimbulkan atas penyelenggaraan program dalam pelaksanaan fungsi dan tugas pokoknya sebagai Pejabat Fungsional (Jafung) Pengantar Kerja. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian campuran (mix-method), untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mencampur data kuantitatif dan data kualitatif dengan model evaluasi Kirkpatrick. Hasil penelitian evaluasi program yaitu: (1) tahap reaksi (reaction) peserta secara umum dinyatakan telah memenuhi kriteria evaluasi program, hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan peserta diklat terhadap penyelenggaraan program Diklat Dasar Pengantar Kerja berada pada kriteria “Puas”, (2) tahap pembelajaran (learning) dengan pendekatan pretes dan postes secara umum dapat memperlihatkan adanya peningkatan capaian pembelajaran yang cukup signifikan, (3) tahap perilaku (behavior) menunjukkan bahwa data evaluasi alumni diklat telah memenuhi kriteria penelitian, (4) tahap hasil (result) diklat menunjukkan bahwa data evaluasi alumni telah memenuhi kriteria penelitian.
Kata Kunci: Pengantar Kerja, program pendidikan dan pelatihan, reaksi (reaction), pembelajaran (learning), perilaku (behavior), hasil (result
TM00005872 | TM 5872 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain