Text
Hasil belajar teknik dasar sepaktakraw : studi eksperimen tentang gaya mengajar dan motor ability pada mahasiswa Penjaskesrek Universitas Islam Riau
Hasil Belajar Teknik Dasar Sepaktakraw
(Studi Eksperimen Tentang Gaya Mengajar dan Motor Ability Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Islam Riau)
The Learning Outcomes of Sepak Takraw Basic Techniques
(Experimental Study on Teaching Styles and Motor Ability at Physical Education HeaIth and Recreation Students of Islamic University of Riau)
ZULKIFLI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mencari efektifitas gaya mengajar terhadap hasil belajar teknik dasar sepaktakraw dilihat dari motor ability. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain treatment factorial 2x3. Penelitian dilaksanakan di Universitas Islam Riau dengan sampel mahasiswa Program Studi Penjaskesrek. Uji Hipotesis 1) Perbedaan antara kelompok gaya mengajar resiprokal (A1) dengan kelompok gaya mengajar latihan (A2) senilai 0,035 < 0,05, berarti H0 ditolak 2) Perbedaan antara kelompok gaya mengajar resiprokal (A1) dengan kelompok gaya mengajar inklusi (A3) senilai 0,0005 < 0,05, H0 ditolak. 3) Perbedaan antara kelompok gaya mengajar latihan (A2) dengan kelompok mengajar inklusi (A3) senilai 0,045 < 0,05, atau H0 ditolak. 4) Pengaruh interaksi (interaction effect) Fo (AB) senilai 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak. 5) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya mengajar resiprokal yang memiliki motor ability tinggi dengan gaya mengajar latihan yang memiliki motor ability rendah (A1B1 x A2B1), senilai 0,00 < 0,05 atau H0 ditolak. 6) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya resiprokal yang memiliki motor ability tinggi dengan gaya inklusi yang memiliki motor ability tinggi (A1B1 x A3B1) senilai 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak. 7) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya latihan yang memiliki motor ability tinggi dengan gaya inklusi yang memiliki motor ability tinggi (A2B1 x A3B1) senilai 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak. 8) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya mengajar resiprokal yang memiliki motor ability rendah dengan gaya latihan dengan motor ability rendah (A1B2 x A2B2) senilai 0,485 > 0,05 atau H0 diterima. 9) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya mengajar resiprokal yang memiliki motor ability rendah dengan gaya mengajar inklusi yang memilki motor ability rendah (A1B2 x A3B2) senilai 0,025 > 0,05 atau H0 ditolak. 10) Perbedaan hasil belajar teknik dasar sepaktakraw antara gaya mengajar latihan yang memiliki motor ability rendah dengan gaya mengajar inklusi yang memiliki motor ability rendah (A2B2 x A3B2) senilai 0,029 > 0,05 atau H0 ditolak.
Kata kunci : Gaya mengajar, Motor ability, Hasil belajar teknik dasar sepaktakraw
DD00002403 | D 2403 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain