Text
Pengaruh persepsi mahasiswa tentang sistem penilaian, motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan (MPP) : survei terhadap mahasiswa UIN Banten, Provinsi Banten
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SISTEM PENILAIAN,
MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP
HASIL BELAJAR MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN
PENDIDIKAN
(SURVEI TERHADAP MAHASISWA UIN BANTEN, PROVINSI BANTEN)
ENUNG NUGRAHA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi mahasiswa tentang
sistem penilaian, motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar
matakuliah metodologi penelitian pendidikan, dengan metode survei kepada mahasiswa
UIN Banten yang telah menempuh matakuliah metodologi penelitian pendidikan.
Metode penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan model persamaan
struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa tentang
sistem penilaian, motivasi belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil
belajar matakuliah metodologi penelitian pendidikan, persepsi mahasiswa tentang
sistem penilaian berpengaruh terhadap motivasi belajar, persepsi mahasiswa tentang
sistem penilaian berpengaruh terhadap kecerdasan emosional serta motivasi belajar
berpengaruh terhadap kecerdasan emosional. Implikasi untuk meningkatkan hasil
belajar matakuliah metodologi penelitian pendidikan dengan memberikan peluang dan
melibatkan mahasiswa program sarjana dalam program penelitian.
Kata kunci: sistem penilaian, motivasi belajar, kecerdasan emosional dan hasil belajar
DD00002417 | D 2417 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain