Text
Pengaruh teknik pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris : studi eksperimen pada mahasiswa Program Studi Sastra Inggris STIBA-IEC Jakarta
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE
KEPRIBADIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA
INGGRIS
(Studi Eksperimen pada Mahasiswa Semester IV Program Studi
Sastra Inggris STIBA-IEC Jakarta)
Bejo Sutrisno
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran kooperatif dan
tipe kepribadian terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) – IEC Jakarta pada tahun
akademik 2016/2017 melalui metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Terpilih 32 sampel hasil tulisan esai mahasiswa yang dinilai oleh tiga penilai. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis esai bahasa Inggris
mahasiswa yang diajar dengan teknik pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih
tinggi daripada kelompok mahasiswa yang diajar dengan teknik pembelajaran Student
Team Achievement Division (STAD); (2) keterampilan menulis esai bahasa Inggris
pada tipe kepribadian introvert lebih tinggi dibanding dengan tipe kepribadian
ekstrovert; (3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik pembelajaran dan tipe
kepribadian terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris; (4) pada mahasiswa
yang memiliki tipe kepribadian introvert diajar dengan teknik TPS lebih tinggi daripada
yang diajar dengan teknik STAD; (5) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian
ekstrovert diajar dengan teknik TPS lebih rendah daripada yang diajar dengan teknik
STAD. Hal ini dikarenakan teknik STAD lebih cocok diterapkan pada mahasiswa yang
bertipe kepribadian ekstrovert; (6) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian
ekstrovert diajar dengan teknik TPS lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki tipe
kepribadian ekstrovert; dan (7) pada mahasiswa yang memiliki tipe kepribadian
introvert diajar dengan teknik STAD lebih rendah dari mahasiswa yang memiliki tipe
kepribadian ekstrovert.
Kata kunci: Keterampilan menulis esai bahasa Inggris, teknik pembelajaran, tipe
kepribadian.
DD00002397 | D 2397 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain