Text
Evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal pendidikan dasar di Kota Bekasi
Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan
Pendidikan Dasar di Kota Bekasi
HOLONG SAOR NABABAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan standar pelayanan minimal pendidikan dasar di Kotamadya Bekasi. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy evaluation model) dengan empat tahapan yaitu desain, instalasi, proses dan hasil. Pengumplan data dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran standar pelayanan minimum terdiri dari 27 indikator berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2013. Hasil temuan menunjukkan terdapat desan kebijakan, program, dukungan sumber daya. Implementasi pada tingkat pemerintah kotamadya hanya dua indikator yang memenuhi standar dari 14 indikator. Pada tingkat satuan pendidikan; sekolah menegah pertama hanya dua indikator yang memenuhi dan tingkat sekolah dasar hanya tiga indikator yang memenuhi standar dari 13 indikator. Sedangkan indikator lainnya belum terpenuhi atau masih terdapat kesenjangan.
Keywords: DEM, implementasi kebijakan, standar pelayanan minimal, pendidikan dasar
DD00002338 | D 2338 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain