Text
Evaluasi program pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah di LPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH DI LPMP PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
M. ARY IRAWAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi: (1) dasar hukum, tujuan, sasaran, dan sumber daya penyelenggaraan program diklat calon kepala sekolah (antecedent), (2) pelaksanaan program diklat calon kepala sekolah (transactions), dan (3) keluaran/hasil program diklat calon kepala sekolah (outcomes) di Provinsi NTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian evaluatif dengan model evaluasi Stake. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian program diklat calon kepala sekolah menjelaskan: (1) dasar hukum, tujuan, sasaran, dan sumber daya penyelenggaraan program diklat calon kepala sekolah (antecedent), secara umum sudah memenuhi kriteria evaluasi. Adapun pada aspek dasar hukum, perlu adanya regulasi pemerintah daerah yang mengatur tentang program diklat calon kepala sekolah, sehingga relevan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas calon kepala sekolah. Selanjutnya aspek fasilitas khususnya ruang kelas penyelenggara perlu mempertimbangan rasio jumlah peserta diklat; (2) pelaksanaan program diklat (transactions), secara umum dikategorikan sudah memenuhi kriteria evaluasi. Adapun pada aspek alokasi waktu pihak penyelenggara perlu mempertimbangkan lama pelajaran dalam sehari, yang seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan peserta diklat; dan (3) keluaran program diklat (outcomes), sesuai dengan tujuan diklat calon kepala sekolah yaitu adanya peningkatan kompetensi peserta dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata Kunci: evaluasi program, pendidikan dan pelatihan, calon kepala sekolah.
DD00002335 | D 2335 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain