Text
Evaluasi implementasi program pendidikan kesetaraan paket C di Kabupaten Tangerang
EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI KABUPATEN TANGERANG
THE EVALUATION OF PAKET C EQUIVALENCY PROGRAM IMPLEMENTATION IN TANGERANG DISTRICT
HERLYNA
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang implementasi program kesetaraan sekolah menengah atas untuk sertifikat SMA, yaitu Paket C. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tangerang, sebagai daerah yang memiliki jumlah siswa terbanyak yang mengikuti program ini. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP, yang terdiri dari konteks, input, proses dan evaluasi produk yang dapat dijelaskan lebih lanjut dalam (1) ruang lingkup, tujuan dan target program; (2) lembaga yang mengelola program, peserta didik, tutor dan sumber daya teknis, infrastruktur dan fasilitas, materi pembelajaran dan pelatihan/struktur kurikulum; (3) perencanaan, pengorganisasian, evaluasi pembelajaran, pembiayaan; (4) hasil belajar siswa. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIPP yang mewakili konteks, input, proses dan produk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan kunci, observasi peneliti dan tinjauan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program secara keseluruhan berjalan dengan baik; meskipun, masih ada beberapa daerah yang bisa diperbaiki. Oleh karena itu, masukan dari evaluasi ini diharapkan dapat mendukung dan berkontribusi pada keberhasilan pelaksanaan program.
Kata kunci: model CIPP, pendidikan kesetaraan, evaluasi program, Paket C.
DD00002362 | D 2362 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain