Text
Evaluasi implementasi kebijakan pelatihan pengembangan Widyaiswara : studi kasus pada Pusdiklat Pegawai Aparatur Negara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN WIDYAISWARA
(Studi Kasus Pada Pusdiklat Pegawai Aparatur Sipil Negara Kem. Desa, PDT dan Transmigrasi)
SRI RATNA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi kebijakan pelatihan dan pengembangan Widyaiswara di Pusdiklat Pegawai ASN Kem. Desa PDT dan Transmigrasi. Dengan mengetahui hasil avaluasi ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak-pihak terkait untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas pelatihan dan pengembangan Widyaiswara pada khususnya dan PNS pada umumnya. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process dan Product) dari Daniel Stufflebeam. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumen, kuestioner, wawancara mendalam dan triangulasi serta focus group discussion (FGD) yg selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan mendeskripsi hasil implementasi disandingkan dengan kriteria evaluasi untuk mendapatkan hasil evaluasi. Hasil evaluasi konteks untuk aspek landasan kebijakan direkomendasikan meninjau standar kompetensi Widyaiswara, karena tidak relevan lagi dengan tugas, fungsi, tanggungjawab dan tantangan yang dihadapi dewasa ini. Hasil evaluasi input menunjukkan ada yang sudah standar, namun masih ada yang belum. Begitu juga dengan komponen proses, aspek pelayanan kelas, proses pembelajaran masih dibawah standar. Untuk itu direkomendasi pemenuhan dalam hal kuantitas dan peningkatan kualitas aspek-aspek yang dievaluasi, agar minimal bisa sama dengan standar akreditasi lembaga diklat dan Widyaiswara agar selalu meningkatkan kapasitas diri. Kata Kunci: Pelatihan dan Pengembangan, Widyaiswara, CIPP Model
DD00002350 | D 2350 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain